Terms & Conditions

Pedoman Dan Syarat-syarat Pengiriman Barang

  1. Pastikan kemasan barang kiriman dalam keadaan baik, tidak terbuka dan tidak bocor.
  2. Petugas DAKOTA akan memeriksa kemasan, jika isi kemasan dinilai tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.
    Dilarang untuk mengirimkan barang seperti:
    – Uang tunai, perhiasan emas atau surat-surat berharga
    – Barang yang mudah meledak, beracun atau merusak barang lainnya, serta bahan pembuatnya
    – Narkotika, barang sejenis atau bahan pembuatnya
    – Barang yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan* Untuk Daftar barang larangan yang lebih lengkap, Kunjungi halaman berikut: KLIK DISINI
  3. Petugas DAKOTA akan menimbang berat atau mengukur volume barang Anda (jika bentuk barang memiliki bidang luas namun ringan maka akan diperhitungkan dengan rumus Volume)
  4. Asuransikan barang kiriman Anda, jika dinilai mudah rusak/cacat, nilai barang lebih dari 10 kali ongkos kirim dan simpanlah Form Asuransi dengan baik (jika diasuransikan)
  5. Jika dinilai kemasan beresiko mudah rusak, Petugas akan me-Repacking kemasan barang sesuai dengan standard pengiriman DAKOTA. DAKOTA Cargo tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan/kekurangan/kehilangan barang berupa benda cair, pecah belah, makanan, buah-buahan, tumbuh-tumbuhan apabila tidak dipacking sesuai standard DAKOTA
  6. Jangan lupa tuliskan nama dan alamat Anda dan penerima serta Nomor Telepon dengan lengkap
  7. Tukarkan Bukti Tanda Terima Anda ke petugas pembuat Consignment Note/BTT, pastikan data yang tercetak sesuai dengan data barang kiriman Anda
  8. Bayarlah Ongkos Kirim di petugas Kasir, pastikan uang yang Anda bayar sesuai dengan nominal yang tertera pada Consignment Note/BTT
  9. Simpanlah bukti pengiriman (Consignment Note/BTT warna putih), Form Asuransi & packing (jika ada) dengan baik

* Isi kiriman yang tidak sesuai dengan pengajuan menjadi tanggung jawab pengirim, apabila tidak sesuai dengan pengakuan dapat ditindak lanjuti melalui jalur hukum.


Tahapan Pelaksanaan Pengiriman Barang

  1. Checker melakukan pendataan dan pemilahan jenis barang yang akan dikirim dihari berikutnya ke masing-masing kota tujuan pengiriman barang
  2. Checker melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kemasan yang akan dimuat dalam kendaraan
  3. Petugas Bongkar Muat menyusun kedalam kendaraan, atas instruksi dari checker, Pengemudi dan Checker bersama-sama memeriksa serta mencatatkan data dan jumlah barang yang akan naik, Pengemudi mencatat pada Form Packing List* Pengemudi berhak menolak permintaan pengiriman apabila kemasan tidak baik dan dinilai beresiko dapat merusak barang dalam kemasan
  4. Setiap barang yang akan dimuat dicatat dalam Buku Ekspedisi, lengkap dengan jumlah Colly dan Nomor BTT-Nya
  5. Dari catatan barang muat pada Buku Ekspedisi, Checker menyerahkan data ke Adm OPS untuk dibuatkan Surat Pengantar.
  6. Checker dan Pengemudi memberikan persetujuan data dan jumlah barang naik, dengan menandatangani pada masing-masing kolom di Surat Pengantar maupun Packing List.* Barang menjadi tanggung jawab pengemudi apabila barang yang telah naik ke kendaraan, dan SP ditandatangani oleh kedua pihak.
  7. Untuk pengiriman barang ke luar kota, pengemudi diberikan Surat Tugas Sopir Luar Kota, yang ditandatangani oleh Kepala Operasional
  8. Jika Dokumen Pengiriman telah lengkap, Barang siap diberangkatkan ke rute kota tujuan pengiriman

Prosedur Pengajuan Klaim Kerusakan/Kehilangan Barang

  1. Laporan Klaim Paling lambat 2 x 24 jam setelah barang diterima
  2. Buatlah laporan Klaim/berita acara kerusakan barang yang diketahui/tanda tangani petugas kurir Dakota dan diserahkan ke kantor cabang DAKOTA terdekat.
  3. Pimpinan Cabang Dakota akan proses klaim dan komplain Anda
  4. Laporan hasil pertemuan/pembahasan dikirim ke Div. Klaim kantor pusat beserta kelengkapan dokumennya
  5. Petugas Klaim memeriksa bukti kerusakan dan bukti pengiriman
  6. Pengajuan klaim yang disetujui akan diproses disesuaikan dengan jenis kirimannya
    Jika Disetujui:
    1. Barang Berasuransi, Pembayaran akan ditransfer ke Nomor Rekening Customer dengan nominal sesuai persetujuan pihak ASURANSI
    2. Barang Non-Asuransi, Pembayaran akan melalui transfer ke rekening Customer, maksimal penggantian kerugian 10 Kali ongkos KirimJika Ditolak: Diinfokan melalui cabang pengirim“DAKOTA CARGO HANYA AKAN MEMBAYARKAN KLAIM KERUGIAN MAKSIMAL 10 (SEPULUH) KALI ONGKOS KIRIM BAGI BARANG YANG TIDAK DIASURANSIKAN”

Untuk info lebih lanjut, hubungi kantor cabang Dakota terdekat, atau EMAIL KLAIMklaim@dakotacargo.co.id


Asuransi

  1. Dalam hal barang kiriman diasuransikan, maka penggantian/kompensasi atau ganti rugi yang dibayarkan adalah sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian Polis Asuransi yang berlaku.
  2. Pengirim bertanggungjawab untuk melindungi kiriman dengan asuransi yang memadai dan menanggung biaya premi yang berlaku.

Kerusakan

  1. Dakota Cargo tidak akan memberikan ganti rugi kepada pengirim, dalam hal :
    • Kehilangan atau kerusakan terjadi karena bencana alam, keadaan darurat, atau hal lain diluar kemampuan manusia (force majeure).
    • Consequential loss (kerugian lain yang ditimbulkan akibat terlambatnya penyerahan barang kiriman atau kerusakan barang kiriman atau kehilangan barang kiriman).
    • Akibat rusaknya barang kiriman dan/atau kerugian lainnya yang timbul sebagai sifat dari barang itu sendiri.
  2. Dakota Cargo tidak memberikan penggantian atau kompensasi atau ganti rugi yang disebabkan bukan karena kelalaian/kesalahan Dakota atas :
    • Keterlambatan penyerahan barang (kiriman) karena sebab apapun.
    • Rusak atau cacatnya barang kiriman, baik disebabkan oleh pihak ketiga maupun oleh alat pengangkut dan/atau oleh tenaga manusia

Pengepakan

  • Untuk menentukan berat barang kiriman didasarkan pada 2 (dua) cara perhitungan yaitu :
    1. Berdasarkan Volume Barang
    Perhitungan berat untuk barang-barang yang berukuran besar tetapi memiliki berat yang ringan, akan dihitung berdasarkan
    volumenya dengan rumus :
    * Darat  : P X L X T :3.500  = … Kg. (Khusus P.Jawa & Bali)
    * Darat & Laut : P X L X T : 4.000 = … Kg (Luar P. Jawa & Bali)
    * Udara :  P X L X T : 6.000 = … Kg
    2. Berat Asli (Actual Weight)
    Perhitungan berat berdasarkan angka yang tertera pada timbangan.– Keterangan :
    – Hasil dari kedua pengukuran diatas akan diperhitungkan mana yang lebih besar.

              – KOLI adalah satuan jumlah barang dan ada kemungkinan dalam satu koli didalamnya terdapat beberapa barang.

Demi keselamatan dan keutuhan barang kiriman sampai di tujuan , maka kami harapkan anda memperhatikan packing/kemasan yang disarankan.

KEMASAN PETI KAYU (Produk pecah belah , elektronik & rawan)

  • Produk Elektronik
  • Produk Bertekanan
  • Produk Panel & Perlengkapan Proyek Berat
  • Produk Rak & Panel Promosi

KEMASAN JERIGEN / PIL (Wajib tersegel rapat dan Packing peti kayu)
Ketentuan:

  • Tersegel rapat dan kuat
  • Kemasan kuat terhadap tekanan
  • Tidak bocor (Dalam kondisi apapun)

KEMASAN LUAR BUNGKUS PLASTIK (Plastik + Plastik, Double)

Wajib untuk produk yang rawan terhadap air (Buku, Majalah, Berkas, Arsip, Dll)

KEMASAN LUAR BUNGKUS KARUNG (Kardus + Karung)
Ketentuan:

  • Produk Konveksi
  • Produk Sandal
  • Produk lainnya yang rawan pencurian

PRODUK KENDARAAN BERMOTOR
Ketentuan:

  • STNK asli harus tersedia (Surat dari kepolisian jika diperlukan)
  • Tanki Bahan bakar kosong
  • Dilapisi kardus dan karung (Ditambah packing kayu jika diperlukan)
  • Biaya Ongkir belum termasuk Biaya Packing dan Biaya Asuransi
  • Mengikuti KETENTUAN standar Dakota Cargo

KEMASAN KARDUS
Ketentuan:

  • Packing/Kemasan yang tidak memenuhi standard & membahayakan (baik secara fisik, aroma, kekuatan packing, dsb) akan ditolak
  • Asuransi merupakan kewajiban dari pengirim
  • Kerusakan yang timbul secara langsung maupun tidak langsung akibat dari kelalaian pengiriman merupakan tanggung jawab sepenuhnya pihak pengirim baik langsung maupun tidak langsung

 

Pembayaran

  • Konsumen melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera pada BTT atau Faktur Tagihan.
  • Dakota Cargo menyediakan beberapa pilihan pembayaran sbb:
    1. Transfer Ke Rekening (untuk No. Rek, akan Kami kabari lebih lanjut)
    2. Pembayaran secara tunai, Hanya dapat diterima di Kantor Agen Dakota Cargo Mangga Dua Surabaya dan Outlet-outlet kami lainnya, di:
    Outlet Wedoro dan Outlet Kedung Cowek.
  • Pembayaran dapat diakui setelah dana efektif masuk ke rekening Kami.
  • Pembayaran hanya diterima dalam mata uang Rupiah (IDR)
  • Konsumen disarankan untuk menyimpan bukti transfer sebagai bukti yang sah telah melakukan pembayaran.

 

menu_sponsor

Banner790x100_1

spanduk-cctv

banner_1